5 Ular Paling Menakjubkan di Dunia (I)

 

2 September 2011 | Posted by: 

Oleh: Bintang Mian (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Ular kini tidak lagi ditakuti. Berbagai komunitas pencinta ular berdiri dimana-mana. Alasannya ular adalah binatang eksotik untuk dipelihara. Terutama ular yang tidak berbisa. Dan untuk menjinakan ular berbisa pun dapat dipelajari, sehingga peminat ular semakin banyak. Pada kenyataannya ular memang  binatang menakjubkan seperti jenis-jenis ular yang ada di bawah ini:

 

 

1.Emerald Tree Boa

Sebagian besar spesies Boas berwarna-warni seperti Caninus Corallus bisa ditemukan di Hutan hujan Amerika Selatan. Ular tidak berbisa. Setelah tumbuh hingga dewasa panjangnya bisa mencapai 6 kaki atau 1,8 m. Ular jenis ini memiliki gigi taring juga dan ukurannya proporsional tidak seperti ular tidak berbisa lainnya.

 

 

Emerald Tree Boa sumber: wikipedia.org)

 

 

2.Kobra Hood

Di sebut juga Kobra berkacamata, karena ada  desain seperti kacamata di kap kepalannya saat berkembang jika merasa terancam. Ular ini sangat berbisa. Populasi terbesar ular jenis ini bisa ditemukan di tengah-tengah hutan di Asia Tenggara. Tikus, unggas, dan katak makanan utama ular ini. Jika diserang, ludah berbisa menjadi andalan untuk melindungi diri.

 

 

.Kobra Hood (Sumber: blogspot.com)

 

3.Blind Snake

Gen dari keluarga ular yang baru ditemukan menunjukkan ular buta tinggal di pulau Madagaskar. Gen yang baru ditemukan tersebut membantu peneliti untuk memecahkan  bagaimana ular ini menjadi buta. Dan ternyata sebagian lagi ular jenis ini tidak buta sepenuhnya. Walaupun ular ini tergolong lemah dalam penglihatan namun sebagian besar menjelajah berbagai hutan di planet ini. Tumbuh hanya sepanjang satu kaki (30 cm). Ular buta berprilaku seperti cacing yang hidup dengan menggali di bawah tanah di setiap benua, kecuali Antartika. Namun tidak seperti cacing, karena ular ini memiliki tulang walaupun skalanya kecil.

 

Blind Snake (Sumber: botany.hawaii.edu)

 

4.Albino Burmese Pythons

Ular ini akan tumbuh menjadi sangat besar. Ini adalah salah satu ular yang memerlukan perawatan ekstra sehat dan sangat hati-hati. Anda harus berpikir dua kali jika menginginkan ular jenis ini untuk menjadi hewan peliharaan. Meskipun ular Piton ini sangat jinak, tapi harus tetap hati-hati terutama saat ular ini lapar. Lilitannya sangat kuat untuk melumpuhkan mangsa.

 

Albino Burmese Pythons (Sumber: wikipedia.org)

 

5.Bright Pink Snake

Ular Liophidium Pattoni ini tumbuh sekitar 16 inci (40 cm) tikus kecil dan kadal adalah mangsa utamanya. Menurut salah seorang ilmuan, Ratsifandrihamanana, tanda merah muda yang cerah dipunggungnya menjadikan ular ini sangat tidak biasa untuk ular yang ada di Madagaskar. Liophidium Pattoni pertama kali dilaporkan dan disimpan di Taman Nasional Masoala di timur laut Madagaskar pada 2010.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s